12 April 2020

Sejarah Sungai Elo Magelang yang Terkenal

Gambar: Pencarian Google (gambar-sungai-elo-magelang)

Bagi pecinta rafting atau arung jeram, mungkin sudah tak asing lagi dengan nama Sungei Elo di Magelang, Jawa Tengah ini ya. Arus yang stabil membuat sungai ini terasa nyaman dan Aman untuk di arungi bersama kawan atau keluarga.

Yaah, sekedar untuk refreshing melupakan suntuk dan repotnya pekerjaan sehari-hari, bisa laah sesekali mencoba rafting di sungai ini.

Sebelum mengunjunginya, alangkah baiknya bila kawan-kawan mengetahui sejarah dari Sungai Elo ini ya, biar tambah wawasan.

Lalu, bagaimana sih sejarahnya Sungai Elo ini ?


Sungai Elo Magelang ini mengalirkan air dari Gunung Merbabu di Jawa Tengah. Arusnya stabil hingga musim kemarau. Arus yang stabil ini membuat para rafter merasa aman dan nyaman tentunya.


Kedalamannya rata-rata 4 hingga 5 meter dan dihiasi tebing serta pemandangan alam di sekelilingnya yang indah memukau.


Dari Yogyakarta, Sungai Elo bisa ditempuh memakan waktu sekitar 45 menit saja. Jaraknya pun berdekatan dengan lokasi wisata Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon. Sekitar 2-3 Kilo Meter saja.


Sungai yang tergolong bersih ini saya yakin banyak dihuni ikan-ikan air tawar. Maka tak jarang para pemancing ikan yang menuju lokasi ini. Sambil memancing , bisa melihat orang-orang yang sedang rafting di sungai. Alhasil ikanyya pada kabur hahah. Enggak juga, karena sungai lebar jadi pemancing tetap leluasa melencarkan aksinya di pinggiran sungai.


Sungai Elo ini terbentang dari Gunung Merbabu melewati Kota Megelang hingga ke Yogyakarta. Alam sekitarnya sangat indah dan asri, airnya selalu mengalir meskipun musim kemarau, serta lokasinya yang mudah dijangkau dan berdekatan dengan lokasi wisata lainnya membuat Sungai Elo teranya sayang bila di lewatkan begitu saja.


Pengunjung Sungai Elo ini dari bermacam kalangan loh. Mulai anak-anak hingga dewasa dari dalam maupun luar negeri. Tak heran bila River Guide di sana pandai berbahasa asing.


Saya yakin selain menantang adrenalin, keindahan dan kenyamanan di lokasi wisata Sungai Elo ini akan membuat wisatawan rafting ketagihan datang untuk yang kedua kalinya.


Ada banyak hal seru yang bisa wisatawan temui di sana. Sambil berlayar di atas perahu rafting, menikmati pemandangan dan keindahan pepohonan yang rimbun, menyaksikan aktifitas penduduk desa sekitar, dll. Seruu deh pokoknya.


Di mana alamat Sungai Elo ini ?


Sungai Elo Magelang ini Startnya berlamat di Desa Pare, Blondo, Magelang. Kemudian alamat finish pointnya berada di Mendut, Magelang, Jawa Tengah.


Di Magelang ada beberapa operator wisata rafting sungai Elo yang menyediakan paket wisata rafting sungai Elo. Beberapa diantara penyedianya adalah Mendut Rafting, Hotel Puri Asri, Citra Elo, Bali Paradise Rafting, Progo Rafting, Kompas Adventure, dll.


Namun sebaiknua yang kawan-kawan pilih ialah operator yang resmi dan berasuransi. Kemudian berpengalaman adalah faktor penting yang harus dimiliki operator penyedia layanan rafting.


Namun anda tidak perlu khawatir untuk tetap ber arung jeram di Sungai Elo ya, asalkan bisa berenang saja sudah menjadi jaminan pribadi kok. Ditambah arus sungai yang terbilang stabil dan nyaman.


Bila Anda datang untuk yang kedua kalinya jangan lupa mengajak teman atau keluarga yaa. Agar mereka juga punya pengalaman seperti yang Anda miliki.


Rekomendasi dari para operator sebaiknya datang pada musim hujan, agar arusnya lebih deras dan lebih menantang adrenalin. Meskipun arusnya kuat, namun tetap safe karena didampingi oleh tangan-tangan yang berpengalaman.


Ada yang unik dari Sungai Elo ini lohh. Beberapa titik jeram di Sungai Elo ini memiliki nama masing-masing seperti Jeram Julia, Jeram Kedung Celeng, Jeram Sesek, Jeram Rolex, Jeram Zig-zag 1, Jeram Zig-zag2 dan 3, dll. Anda akan tahu sendiri setelah mencobanya ya.


Anda tagu Green Canyon di Pangandaran atau di Luar Negeri ? Di Sungai Elo juga ada looh haha.


Ketika menyusuri Sungai Elo Magelang pada trek wisata ke 12 Km Anda akan menjumpai tebing sperti di Green Canyon sepanjang kira-kira 1 KM. Sungguh perpaduan 2 wisata dalam satu kegiatan.
Ibarat sekali mendayung, du tiga pulau terlampaoi. Ya niatnya sih arung jeram / rafting, tapi sekaligus mendapat kesegaran mata ketika melihat pemandangan alam di sekeliling Sungai Elo Magelang ini.


Semoga sekilas penjelasan mengenai wisata Sungai Elo Magelang di atas membuka wawasan bagi para pembaca sekalian. Terima kasih banyaak. :) ,
Referensi dari raftingsungaielo.blogspot.com.

1 komentar

  1. posting tulisan yang sangat bagus. dan sekarang periksa ytmp3 untuk mengunduh video youtube.

    BalasHapus