14 April 2018

PT HESED INDONESIA | Gaji dan Sistem Kerja yang Harus Kamu Tahu

PT HESED INDONESIA | Gaji dan Sistem Kerja yang Harus Kamu Tahu - Sebelum melamar pekerjaan di PT Hesed Indonesia, sebaiknya kamu baca dulu sekilas info tentang sistem kerja dan gajinya di sini ya siapa tau bisa menambah wawasan.


Profil PT Hesed Indonesia


PT Hesed Indonesia adalah perusahaan yang beroperasi dalam bidang industri Garment. Perusahaan yang berproduksi skala Ekspor ini beralamat di Jalan Muria No.29, RT 07 RW 04. Desa Gembongan, Karangjati, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Telepon (0298) 522587. Fax (0298) 523036. Indonesia.

Karyawan pabrik ini mencapa ribuan dan sebagian besar ialah para pekerja perempuan.

Sistem Kerja PT Hesed Indonesia


Jam kerja yang berlaku di PT Hesed Indonesia ini ialah setiap hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB (jam normal). Namun sering sekali ada jam molor yang membuat para pekerja di PT ini harus lembur tanpa dibayar hingga pukul 20.00 WIB.

Mengapa ada jam molor di PT Hesed Indonesia ini ? Karena sistem kerja menggunakan Sistem Target per hari, yang artinya karyawan harus memproduksi barang sesuai jumlah jumlah yang ditentukan perusahaan dalam satu hari itu. Sehingga mau tidak mau pekerja harus bisa bekerja cepat dan tepat bila ingin jam molor ini hilang.

Hari senin hingga Kamis para pekerja mengenakan seragam berwarna pink, sedangkan khusus hari Jumat mengenakan pakaian Batik. Bagi karyawan baru mengenakan seragam warna putih dengan celana hitam. Dan pekerja perempuan boleh mengenakan Jilbab saat bekerja di PT Hesed Indonesia ini. 

Setiap pagi ada Cleaning Service yang berkeliling mengabil air minum untuk pekerja. Dan hanya satu kali saja dalam sehari.

Di setiap toilet ada satpam yang berjaga. Bila ada karyawan yang hendak menggunakan toilet maka akan di periksa/geledah terlebih dahulu sebelum masuk.

Semua karyawan wajib mengenakan topi, masker, dan ID card saat bekerja. Juga mamakai sendal sebagai alas kaki.

Jam Lembur di PT Hesed Indonesia


Lembur di PT ini hanya 1 jam saja yaitu dari pukul 16.00 WIB - 17.00 WIB sesuai yang tertulis di SPL (Surat Pemberitahuan Lembur). Tetapi ada kalanya lebur hingga 2 jam namun jarang terjadi.

Dalam hali ini, lembur yang dibayarkan hingga pukul 17.00 WIB saja. Bila bekerja dilanjutkan hingga pukul 20.00 WIB itu disebut jam molor yang terjadi akibat target produksi pada hari tersebut belum tercapai.

Jadi, meskipun telah lembur selama 1 jam (hingga pukul 17.00 WIB) namun apabila target produksi harian belum terpenuhi, maka berlakulah jam molor ini.

Sehingga, uang lembur yang dibayarkan adalah sesuai jam di SPL tadi (yaitu 1 jam). Lalu, yang 3 jam apakah tidak dibayar ? Tidak, karena itu adalah kewajiban pekerja untuk memenuhi target produksi harian.

Kemudian tidak ada uang makan dalam gaji lembur, dan tidak ada waktu istirahat ketika memasuki jam lembur. Sehingga pada jam ini karyawan tidak ada waktu untuk sekedar istirahat makan, minum, atau Sholat, dan sebagainya.

Gaji / Upah Bayaran PT Hesed Indonesia


Upah kerja di PT Hesed Indonesia ini adalah standar UMK yaitu Rp 1.900.000 pada tahun 2018 dan Rp 2.055.000 pada tahun 20019.

Uang Makan dan Transport di PT Hesed Indonesia


Setiap hari karyawan menerima uang makan sebesar Rp 2.300 pada tahun 2019. Dan uang transportasi sebesar Rp 1.500.

Kelebihan dan Kekurangan PT Hesed Indonesia 

Hal yang menjadi keluhan bagi karyawan di PT Hesed Indonesia ini salah satunya yaitu besaran uang makan dan uang transportasi yang tidak setara dengan harga yang harus dibayarkan ketika makan dan menggunakan transportasi umum ketika hendak bekerja.

Bayangkan saja bila uang makan hanya Rp 2.300 sedangkan nasi rames saja harganya sekitar Rp 4.000 hingga Rp 5.000 belum juga minumnya.

Begitu pula dengan Uang transportasi yang hanya Rp 1.500 saja. Nilai ini jelas tidak sebanding dengan harga naik angkot yang kisaran harganya juga Rp 4.000 hingga Rp 5.000 an.

Keluhan lain yang mungkin juga dirasakan oleh karyawan ialah adanya jam molor yang mengharuskan karyawan bekerja tanpa dibayar demi memnuhi target harian produksi di PT Hesed Indonesia ini.

Demikian sekilas penjelasan saya mengenai Sistem keja dan Gaji karyawan di PT Hesed Indonesia, Semarang, Jawa Tengah. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi ini.
Referensi dari viomedianews.blogspot.com