follow us

Cara Sederhana Beternak Burung Murai Batu / Peluang Usaha

Sebelum saya jelaskan bagaimana cara beternak burung murai batu, saya akan deskripsikan sedikit mengenai apa itu burung kicau murai batu yang sedang ramai dibicarakan - Burung murai batu sudah terlanjur terkenal di Indonesia, sehingga sulit sekali hilang dari ingatan masing - masing penggemarnya. Berdasarkan info yang saya terima dari infoagribisnins.com, Burung murai batu ini habitatnya asli dari benua Asia, khususnya wilayah Indonesia, Thailand dan Malaysia. Ciri - ciri burung murai batu ini ada pada bulunya yaitu berwarna hitam pada bagian atas (sayap) dan berwarna orange pada bagian bawah (badan). Keunikan yang dimiliki burung murai batu ini antara lain warna nada dari kicauannya dan gerakan ekornya saat berkicau.


Burung murai batu juga sudah sangat populer di Indonesia dari kalangan penggemar burung kicau. Jenis burung murai batu yang paling banyak di sukai oleh penghobi burung murai batu adalah "Murai Medan" yang habitat asalnya ada di Hutan Sumatera. Ada pula Murai batu dari wilayah kepulauan Kalimantan namun harga jualnya masih relatif kecil dibanding Murai sumatera.


Di sekitar kampung saya, akhir - akhir ini banyak remaja yang berbisnis jualan burunng Murai batu ini, yang jelas saja harganya semakin melonjak naik akibat turunnya populasi burung Murai Batu di Hutan atau di alam bebas. Semakin banyak juga yang tahu kehebatan dan keanggunan burung murai batu ini, sehingga jumlah peminat dan pemburunya pun semakin membludak.

Inilah salah satu alasan mengapa bertangkar atau beternak burung murai batu menjadi salah satu alternatif membuka usaha di bidang peternakan. Selain menjanjikan dari segi penjualan, rumah kita juga akan menjadi ramai dari kicauan burung murai batu.

Ada banyak masalah dan kesulitan yang timbul dan di alami oleh para peternak burung murai batu ini. Namun ada saja cara atau kreatifitas dari setiap orang untuk menannggulangi masalah yang muncul. Yang penting kita semangat berusaha, menjadikan pekerjaan itu sebagai hobi yang dibayar, pastilah akan menuai hasil yang kita inginkan. Buktinya hingga saat ini masih banyak saja orang yang mencari burung murai batu, dan masih berjalan pula usaha para peternak burung murai batu, iya kan.

Tips - tips memulai beternak burung murai batu :


1. Persiapan Lokasi Beternak Burung Murai Batu


Yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi penangkaran dan beternak burung murai batu adalah, memperkirakan kenyamanan agar burung murai batu tidak stress. Namun hal ini juga berlaku bagi semua jenis burung yang akan diternak.


  • Lokasi nyaman, dan udara segar.
  • Lokasi jauh dari pabrik yang berisik, bengkel, dan jalan raya yang menyebabkan polusi suara.
  • Lokasi diperkirakan aman dari gangguan binatang liar/buas (kucing, tikus, musang) maupun tindak pencurian.
  • Kandang sebaiknya berada di rumah, agar memudahkan dalam hal perawatan dan penjagaan ( di depan rumah, di samping rumah, maupun di belakang rumah yang dibuatkan tratak atau ruangan khusus sendiri.) atau bisa juga menyewa tempat untuk penangkaran.

2. Pembuatan kandang untuk ternak burung murai batu


Sebenarnya bentuk kanda bisa anda sesuaikan dengan lokasi atau lahan yang tersedia, mengenai luas dan besar kandang itu tergantung banyaknya burung murai batu yang akan kita usahakan. Dan itupun kembali kepada seberapa luas lahan atau ruangan yang kita miliki. Namun anda bisa menyewa lahan untuk beternak burung murai batu kok. Adapun saran saya dalam desain kandang murai batu antara lain:

  • Bentuklah kandang sesuai lokasi yang anda miliki, (rekomendasi) ukuran minimal panjang x lebar x tinggi = 90cm x 90cm x 180cm.
  • Kandang yang baik memiliki dasar berupa tanah atau pasir yang juga telah dicampur dengan sedikit bahan kapur untuk mengurangi tingkat kelembaban akibat kotoran burung yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.
  • Usahakan kandang agar disekat dengan tembok, triplek atau yang lainnya agar suhu di dalam kandang tetap stabil dan terhindar dari gangguan binatang buas maupun tindak kejahatan.
  • Perlu juga dipertimbangkan untuk fentilasi udara , dankalau bisa terkena sinar matahari secara langsung atau boleh ditutup dengan strimin.
  • Kondisikan agar tidak mudah terkena angin berhembus kencang yang akan membuat burung kaget dan menjadi stress.
  • Sediakan lokasi di dalam kandang sebagai center tempat bertelur burung, sarang yang disediakan jangan hanya satu model saja, buatlah kreasi yang membuat nyaman bagi burung murai batu untuk mengerami telurnya. Biarkan dia memilih nantinya.
  • Sebagai pengatur suhu buatan saat musim hujan, sediakan lampu 5-10 watt sebagai penghangat buatan dan alat penerangan saat malam hari.

3. Penyiapan Indukan Murai Batu (pemilihan indukan murai batu)



Pemilihan indukan murai batu yang bagus bukan berdasar dari harga yang mahal. namun dengan pelatihan bertahap terhadap pembibitan kita sudah cukup untuk menjadikan bibit murahan menjadi hasil yang unggulan. Kan begitu mentalnya pengusaha. Sedikit saya akan ceritakan tips bagaimana memilih indukan untuk beternak burung murai batu ini.

Cara - cara memilih indukan yang baik untuk beternak burung murai batu


A. Indukan untuk pejantan murai batu


  • Pilihlah burung murai batu yang sudah jinak, yang sudah tidak takut jika ada orang datang. Karena burung yang jinak akan lebih mudah diternak dan juga tingkat stress lebih rendah dibanding hasil tangkapan dari hutan yang masih memerlukan adaptasi lingkungan terlebih dahulu.
  • Untuk memilih indukan saya sarankan untuk mengambil atau membeli dari peternak langsung, karena burung murai seperti ini sudah terbiasa hidup disangkar dan siap diternakkan.
  • Pilihlah pejantan yang sudah berumur 2 tahun. Biasanya jika sudah berumur 2 tahun atau lebih, ini sudah masuk masa reproduksi dan sudah matang.
  • Indukan yang baik adalah tidak memiliki cacat fisik, mata, sayap, atau bagian lainnya.
  • Pilihlah pejantan yang sehat dan tidak ada riwayat penyakit tertentu, memiliki nafsu makan yang kuat, bergerak lincah, dan bulu tidak kusam.

B. Indukan untuk betina murai batu


  • Untuk mempersiapkan betina usahakan cari yang sudah berumur lebih dari 1 tahun, yang sudah siap untuk berreproduksi. Namun terkadang , telur pertama tidak bisa menetas, itu hal yang wajar. Tunggulah telur kedua dan seterusnya.
  • Pilihlah betina yang sehat seperti kualifikasi pejantan diatas.
  • Sama juga dengan yang pejantan, usahakan memilih betina yang sudah tidak takut akan kedatangan manusia, ini juga berpengaruh dengan telurnya.

4. Pemberian pakan selama merawat burung murai batu


Untuk masalah pakan, saya kira teman-teman sudah tidak kesulitan karena bisa menemukan makanan berupa voer menjadi pakanan pokoknya.

Namun alangkah baiknya jika disediakan makanan alami berupa ulat hongkokong, jangkrik, cacing, dan telur semut (kroto) untuk menambah vitamin dan protein bagi burung murai batu untuk mrnambah rangsangan birahinya.

5. Tahap pemeliharaan Anakan burung murai batu


Inilah yang mejadi tantangan tersendiri bagi para peternak burung termasuk burung murai batu, yaitu merawat dan mempertahankan kesehatan anakan burung murai batu agar terhindar dari penyakit yang menyebabkan kematian. (meskipun kematian tidak bisa ditolak, , hehehe)

  • Pertama , setelah telur menetas, perhatikan perilaku indukannya. Jika induk murai batu aktif merawat dan memberi pakan anaknya, kita cukup menyiapkan pakan alam saja untuk memberi asupan protein dan vitamin kepada anakan.
  • Kedua, jika perilaku indukan menyimpang, tidak mau aktif memberi makan anaknya atau bahkan malah menyingkirkan anknya dari sarang, kita harus waspada dengan mengambil anaknya dan merawatnya sendiri (siapkan ingkubator atau kerdus dengan lampu 5 watt sebagai penghangat buatan.)
  • Berikan pakan berupa jangkrik, kroto, dan dicampur voer halus. Berikan pakan 3-5 kali dalam 1 hari.
  • Langkah perawatan mandiri anakan ini juga menjadi alternatif agar indukan bisa cepat ber telur kembali.
  • Perawatan anakan dilakukan hingga anakan bisa makan sendiri dan minum sendiri. syukur-syukur sudah bisa terbang jungkir balik hehhe.

Tidak mudah beternak murai batu bagi yang tidak tahu ilmunya. saran saya jika punya teman peternak murai batu datanglah padanya untuk mencari tahu tatacara dari pengalamannya beternak burung murai batu. Hal ini akan membuat anda lebih mudah dalam hal konsultasi dan sharing mengenai burung murai batu sehingga bertambah pengalaman dan menjadi peternak murai batu yang sukses. Selamat mencoba.
Kata Kunci Pencarian:


cara ternak murai batu
cara ternak murai batu bagi pemula
cara ternak murai batu medan untuk pemula
cara ternak murai batu sistem poligami
cara ternak murai batu medan super
cara ternak murai batu borneo
cara ternak murai batu kandang kecil
cara ternak murai batu di dalam rumah
cara ternak murai batu yg benar
cara ternak murai batu biar cepat bertelur
cara ternak murai batu youtube
cara ternak murai batu agar cepat bertelur
cara ternak murai batu sederhana
cara ternak murai batu hutan
cara ternak murai batu lengkap
cara ternak murai batu mbrk
cara ternak murai batu yang baik dan benar
cara ternak murai batu yg baik
cara ternak murai batu medan sederhana
cara ternak murai batu di kandang gantung
cara ternak murai batu muda hutan
cara ternak murai batu aceh
cara ternak murai batu agar berhasil
cara ternak murai batu bahorok
cara ternak burung murai batu
cara ternak murai batu yang benar
cara ternak burung murai batu medan
cara buat kandang ternak murai batu
cara ternak burung murai batu medan super
cara ternak burung murai batu lampung
cara bikin kandang ternak murai batu
cara ternak brg murai batu
cara ternak murai batu cepat bertelur
cara ternak burung murai batu yang baik
cara ternak burung murai batu bagi pemula
cara buat sangkar ternak murai batu
cara ternak burung murai batu nias
cara ternak murai batu cara ternak murai batu
cara cepat ternak murai batu
cara ternak burung murai batu.com
cara ternak murai batu dengan sangkar gantung
cara ternak murai batu dalam sangkar
download video cara ternak murai batu
download cara ternak murai batu
cara ternak murai batu ekor panjang
cara ternak murai batu ekor hitam
cara ternak murai batu ekor putih
cara ternak murai batu medan ekor panjang
cara efektif ternak murai batu
cara ternak burung murai batu medan ekor panjang top indukan
cara ternak murai batu sangkar gantung
cara gampang ternak murai batu
gimana cara ternak murai batu
gambar cara ternak murai batu
cara ternak murai batu tangkapan hutan
cara jitu ternak murai batu
cara ternak murai batu koloni
cara ternak murai batu kalimantan
cara ternak murai batu kandang gantung
cara ternak murai batu kepala putih
cara membuat kandang ternak murai batu
cara membuat kandang ternak murai batu medan
cara ternak murai batu om kicau
cara membersihkan kandang ternak murai batu
cara ternak murai batu secara koloni
cara ternak murai batu tanpa kroto
cara ternak murai batu lampung
cara ternak murai batu lampung super
cara ternak murai batu liar
cara ternak murai batu medan
cara ternak murai batu mh
cara ternak murai batu malaysia
cara sukses ternak murai batu medan
cara membuat sangkar ternak murai batu
cara memberi makan ternak murai batu
cara merawat ternak murai batu
cara memberi pakan ternak murai batu
cara memulai ternak murai batu
video cara ternak murai batu medan
youtube cara ternak murai batu medan
cara ternak murai batu nias
cara ternak murai batu pemula
cara ternak murai batu poligami
cara ternak murai batu untuk pemula
cara pemberian pakan ternak murai batu
cara praktis ternak murai batu
cara pembuatan kandang ternak murai batu
cara perawatan ternak murai batu
cara ternak burung murai batu untuk pemula
cara penjodohan ternak murai batu
cara ternak burung murai batu pemula
cara ternak murai batu rumahan
cara ternak murai batu sukses
cara ternak murai batu supaya cepat bertelur
cara ternak murai batu silangan
cara ternak murai batu super
cara ternak murai batu di sangkar gantung
cara tepat ternak murai batu
cara ternak burung murai batu youtube
cara ternak burung murai batu cara ternak burung murai batu
tata cara ternak murai batu
tips cara ternak murai batu
youtube cara ternak murai batu
video cara ternak murai batu
www.cara ternak murai batu
cara ternak murai batu yang baik
cara ternak murai batu yang bagus
cara ternak murai batu medan bagi pemula
image:google.com

Berita Terkait :