follow us

Cara Beternak Burung Kenari Paling Lengkap

Cara ternak burung kenari - Sebelum saya terangkan bagaimana cara dan langkah - langkah beternak burung kenari ini, saya akan sedikit mereview siapa sebenarnya burung kenari ini. Sesuai info yang saya terima dari infoagribisnis.com , Burung kenari termasuk pemakan biji-bijian yang memudahkan pemiliknya dalam hal mencari pakan. Burung kenari (serinus canarius) ini mulai dikenal pada abad 15 di Perancis yang ditemukan oleh Jean de Berthan di pulau yang bernama Kenary. Dalam hal beradaptasi, burung kenari ini memiliki daya tahan yang cukup baik, sehingga mudah untuk diternakkan dan tidak terlalu merepotkan pemiliknya karena pemakan biji-bijian yang tentunya juga mudah ditemukan di indonesia ya.

Beternak burung kenari juga menjadi salah satu usaha yang cukup menjajikan, dilihat dari banyaknya peminat burung kicau kenari ini, sehingga tak begitu pusing bagaimana cara menjualnya. Di berbagai daerahpun banyak kami jumpai para peternak burung kenari yang sudah sukses menggeluti usaha ternak burung kenari ini. Bahkan usaha ini tidak hanya sebagai usaha sampingan , melainkan sudah menjadi usaha pokok bagi mereka.

Kebanyakan dari mereka memperoleh indukan dari para pemburu, atau bahkan berburu sendiri, kemudian diternakkan, kemudian dibiakkan menjadi banyak, selanjutnya dipasarkan di pasar burung atau bisa juga melalui media sosial facebook.

Seperti kisah sukses dari Solo, yaitu pak Agung yang sudahmenjalankan usaha beternak burung kenari sejak tahun 2007 yang lalu. Usaha ini dirintis tidak seketika menjadi sukses, namun beberapa kali mengalami kerugian pun pernah ia rasakan. Karena kenari yang ia ternakkan mati diserang penyakit.

Namun masalah itu tak membuat pak Agung menyerah begitu saja dengan keadaan. Ahirnya pak Agung memberanikan diri untuk meminjam uang sebesar 5jt guna membangun ternaknya kembali. Dan dengan keberanian dan keyakinannya itu, pak Agung berhasil memelihara berbagai jenis kenari mulai dari Yorksire, Norwich, Border, Lizard Blue, hingga Staffoid.

Dan dari ternaknya ini, pak Agung bisa memiliki omset 3 juta perbulan, dan membuat cabang ternaknya. Yang satu di rumahnya Mojosongo, dan yang satu lagi di jalan Wetar Kebalen Solo. Menurut pak Agung, kunci keberhasilan dalam beternak burung kenari ini adalah tekun dan sabar. Dan ini kunci untuk semua usaha yang sedang kita rintis ya. Nah, setelah kisah sukses tadi, sekarang saatnya saya paparkan bagaimana cara beternak burung kenari ini ya.


Pedoman Beternak Burung Kenari


Langkah-langkah ini adalah sebagi dasar acuan saja, untuk inovasi bisa anda sesuaikan dengan kemampuan dan kreatifitas masing-masing.

1. Sangkar / Kandang Burung Kenari


  • Siapkan kandang untuk burung kenari dengan ukuran 45x45x50 cm. Anda bisa memesan kepada para perajin sangkar di pasar2.
  • Pilih sangkar yang jarang antar jerujinya relatif rapat, agar mencegah cicak masuk ke sangkar dan memakan telur kenari.
  • Beri perlengkapan kandang yang kecil saja agar tidak terlalu memakan ruang gerak bagi kenari untuk terbang.
  • Sediakan lampu kecil sebagai penghangat dan penerang diwaktu malam hari.

2. Memilih Indukan Kenari yang Baik


  • Pilihlah induk untuk kenari yang sudah berumur 1 tahun untuk pejantan dan sekitar 8 bulan untuk betina.
  • Ciri burung yang sudah siap ditangkar adalah saat berkicau antara pejantan dan betinanya selalu bersautan satu sama lain.
  • Untuk meningkatkan hasil penjualan nanti, pilihlah kenari yang harganya cukup mahal dan peminatnya banya, karena itu berpengaruh dalam hal penjualan.


3. Penjodohan dan Pengawinan Burung Kenari


Ciri burung kenari yang siap dikawinkan adalah ketika pejantan dan betina dijadikan satu sangkar, sipejantan berkicau dengan suara paling keras yang dia miliki, untuk menarik perhatian si betina. Kemudian ciri dari brtinanya adalah dia membuka sayap dan ekor seperti sedang menari. Lalu bagaimana langkah mengawinkan atau menjodohkan burung kenari agar cepat bertelur:

  • Cara Pertama, Langsung masukkan kenari jantan dan betina dalam satu sangkar > awalnya keduanya akan saling serang, karena masih malu-malu kenari hehe. Tunggulah 2 sampai 3 hari , kalau sudah diam dan tidak saling serang artinya mereka sudah cocok.
  • Cara lain, dalam perjodohan burung kenari yaitu dengan membuat kandang sekat untuk kedua mempelai hehe. Atau juga bisa dengan cara mendekatkan kedua kandang.
  • Kalu sudah cocok, masukkan kenari dalam satu sangkar kemudain tunggu sampai 1 minggu, atau ada juga yang menunggu hingga kenari bertelur, kemudian pejantan di ambil.

4. Perawatan Induk Kenari dan Telur Kenari


Hal yang perlu dilakukan untuk merawat induk dan telur kenari hingga menetas adalah sebagai berikut:

  • Saat induk sudah bertelur, siapkan makanan melebihi porsi biasanya, dan makanan kalu bisa yang bergizi. Karena mempersiapkan induk untuk berpuasa dari makan dan mulai mengerami telurnya.
  • Berikan tambahan seperti kol, buah pepaya dll.
  • Saat induk mengerami telur, pastikan sangkar aman dan terhindar dari kucing dan cicak ataupun hewan yang lain.
  • Jangan menjemur saat induk sedang mengerami telur, gunakan lampu 5 wat untuk menghangatkan area kandang.
  • Sebaiknya setelah bertelur, pejantan bisa dipisang kemudian dijodohkan dengan betina lain untuk persiapan bertelur, untuk mempercepat dalah pembiakan dan memperoleh hasil.
  • Jangka waktu pengeraman burung dan ayam sama, yaitu sekitar 20-22 hari. Tunggu lah sampai 1 bulan, jika tidak menetas, ada kemungkinan telur membusuk, wajar saja karena masih telur pertama. Istirahatkan indukan , kemudian jodohkan lagi.


5. Proses Perawatan Anak Burung Kenari yang sudah menetas


  • Setelah telur kenari menetas, biarkan induknya sendiri yang merawatnya hingga anaknya sudah bisa keluar sarang , karena anakan keranri terlalu kecil dan rapuh untuk kita rawat dengan tangan kita yang perkasa, hehe.
  • Anda bisa memberikan asupan gizi dengan memberi bubur jagung yang digiling kemudian diberikan dengan botol selang kecil, saat anakan meminta pakan , saat membuka mulut, teteskanlah dari botol slang kecil ke paruh anak burung kenari tanpa menyentuhnya, untuk menghindari stress.
  • Berilah pakan yang bertekstur lembut hingga berumur 2 bulan, kemudian berikan biji-bijian kecil seperti sergam.
  • Sebenarnya, usia 2 bualan sudah bisa kita jual anakan kenari ini. Namun untuk memperoleh hasil yang maksimal dan harga yang lebih mahal, anda bisa memeliharanya hingga bisa berkicau dengan baik. Atau anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.
Segala sesuatu membuatuhkan kesabaran, termasuk beternak burung kenari ini hingga menghasilkan jutaan rupiah perbulan seperti cerita pak Agung di atas tadi ya. Selamat mencoba, salam sukses.

image:pixabay.com

Berita Terkait :